Follow

Tetap bersama kami dengan info terupdate!

Dengan menekan tombol Berlangganan, Anda mengonfirmasi bahwa Anda telah membaca dan menyetujui ketentuan kami.Privacy Policy and Terms of Use

PROTA PJOK Kelas 1 Kurikulum Merdeka [Download]

PROTA PJOK Kelas 1 Kurikulum Merdeka PROTA PJOK Kelas 1 Kurikulum Merdeka

PROTA PJOK Kelas 1 merupakan perangkat perencanaan yang efisien dan terarah. Berfungsi sebagai peta jalan yang memandu guru mencapai seluruh capaian pembelajaran.

Selanjutnya, kami akan membahas secara spesifik Program Tahunan PJOK Kelas 1 dalam artikel ini. Kami akan menjelaskan definisi, tujuan, manfaat, isinya, dan tips praktis untuk membuatnya secara efisien. Semua informasi ini akan menjadi bekal berharga bagi Anda.

Kami juga akan menyediakan tautan unduh format perangkat ajar. Anda bisa menyesuaikannya dengan kondisi sekolah, jadi lebih mudah menyusun rencana pembelajaran yang efektif.

Mengapa PROTA PJOK Kelas 1 Menjadi Perangkat Wajib dalam Perencanaan Guru?

Pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (PJOK) di kelas 1 adalah seni yang membutuhkan strategi terstruktur agar tujuannya tercapai optimal.

Sebagai guru, perencanaan matang adalah kunci keberhasilan.

Program Tahunan (PROTA) menjadi perangkat ajar wajib yang memastikan pengajaran berjalan sistematis, menjembatani kalender pendidikan dengan tujuan pembelajaran PJOK sepanjang tahun ajaran.

Mia Kusumawati dan Sri Winarni (2020) mengibaratkan perencanaan pembelajaran sebagai proses kompleks, bak seorang komposer menyusun simfoni. Analisis ini menegaskan PROTA merupakan langkah awal yang paling logis.

Guru menggunakan program tahunan untuk mengatur alokasi waktu secara proporsional dari setiap unit pembelajaran, misalnya: gerak dasar lokomotor, non-lokomotor, dan manipulatif. Selanjutnya bisa merancang kegiatan yang sesuai minat dan kebutuhan peserta didik, membuat pengalaman belajar PJOK terasa lebih terarah dan menyenangkan bagi anak-anak.

Penelitian Elfrida Wulan Safitri (2019) menunjukkan perencanaan yang baik merupakan fondasi kuat untuk kualitas pengajaran. Temuan ini menguatkan argumen bahwa perencanaan terperinci adalah kunci tercapainya tujuan pembelajaran.

PROTA, sebagai perencanaan jangka panjang, memberikan kerangka kerja yang solid sebelum guru menyusun rencana yang lebih spesifik.

Alhasil setiap tujuan dan indikator pembelajaran mendapat porsi yang layak dalam satu tahun ajaran. Jika PROTA tidak ada, guru berisiko kehilangan fokus, membuat alur pembelajaran menjadi tidak teratur.

Maka dari itu, menyusun PROTA PJOK di kelas 1 adalah langkah yang tidak boleh terlewatkan. Karena menjamin kejelasan dan arah yang sangat guru butuhkan saat mengajar.

Selain itu, perangkat ajar ini membuat guru bisa mengorganisir pembelajaran jadi berjalan optimal, mengelola waktu secara efisien, serta memastikan semua tujuan pembelajaran tercakup.

Sebuah PROTA yang terencana baik dapat meningkatkan kinerja guru serta kualitas pengajaran secara menyeluruh.

Dengan demikian, apakah Anda siap menyusun PROTA yang solid untuk pembelajaran PJOK di kelas Anda?

Mengenal PROTA PJOK Kelas 1 Kurikulum Merdeka

Definisi Program Tahunan

PROTA PJOK Kelas 1 Kurikulum Merdeka adalah salah satu perangkat ajar berbentuk dokumen perencanaan sistematis yang disusun oleh pendidik untuk mengorganisasikan implementasi Capaian Pembelajaran (CP) Fase A Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan dalam kurun waktu satu tahun ajaran, berdasarkan ketentuan Permendikbudristek Nomor 262/M/2022 tentang Pedoman Penerapan Kurikulum Merdeka.

Definisi ini memuat tiga unsur kunci:

  1. Substansi Kurikuler
    • Berorientasi pada penguasaan:
      • Kompetensi gerak dasar (lokomotor, non-lokomotor, manipulatif),
      • Literasi kesehatan dan kebugaran jasmani,
      • Nilai etika aktivitas fisik.
  2. Karakteristik Perencanaan
    • Transformasi CP Fase A menjadi tujuan pembelajaran terstruktur,
    • Pengalokasian waktu berbasis beban belajar minimal (70 JP/tahun),
    • Adaptasi materi dengan prinsip fleksibilitas kurikulum.
  3. Kontekstualisasi Pedagogis
    • Berbasis analisis kebutuhan perkembangan anak usia 7-8 tahun (fisikomotorik, kognitif-sosial),
    • Integrasi kearifan lokal (permainan tradisional, sumber daya lingkungan),
    • Harmonisasi dengan Profil Pelajar Pancasila melalui:
      • Dimensi keimanan: Integrasi nilai sportivitas dan kejujuran,
      • Dimensi kebhinekaan global: Apresiasi permainan tradisional nusantara,
      • Dimensi kemandirian-kolaboratif: Pembelajaran berbasis tim dan tanggung jawab individu.

Tujuan Program Tahunan PJOK Kelas 1

Garis besar pembelajaran pendidikan jasmani di sekolah dasar bertujuan memastikan semua materi dan keterampilan tersampaikan secara sistematis dan terarah.

Guru dapat menggunakan PROTA untuk merencanakan jadwal pembelajaran, memperkirakan durasi setiap topik, dan menyiapkan bahan ajar yang sesuai dengan perkembangan siswa Kelas 1 yang masih berada pada fase awal pendidikan dasar.

Manfaat Program Tahunan PJOK Kelas 1

Manfaat utama PROTA PJOK bagi guru adalah membantu mengelola pembelajaran dengan lebih mudah. Melalui PROTA, guru mendapat pedoman jelas tentang materi yang perlu diajarkan, waktu yang tepat, dan metode terbaik untuk menyampaikannya.

PROTA juga membantu menciptakan pengalaman belajar yang konsisten dan berkelanjutan bagi siswa, sehingga mereka dapat mengembangkan keterampilan fisik dan kesehatan secara optimal. Selain itu, program tahunan ini mendorong pembelajaran PJOK yang seimbang, mencakup seluruh aspek penting untuk mendukung perkembangan fisik, mental, dan sosial siswa.

Gambaran Pembelajaran PJOK di Fase A

Fase A mencakup pembelajaran untuk siswa Kelas 1 dan 2. Pada fase ini, pembelajaran PJOK berfokus pada pengenalan gerakan dasar dan pembentukan kebiasaan hidup sehat.

Guru mengenalkan siswa pada gerakan dasar seperti berlari, melompat, melempar, dan menangkap. Selain itu, guru juga mengajarkan prinsip dasar menjaga kebersihan diri dan kesehatan.

Guru menyajikan pembelajaran PJOK dalam bentuk aktivitas yang menyenangkan dan interaktif agar siswa merasa nyaman dan termotivasi untuk ikut bergerak. Lebih dari itu, guru juga membentuk sikap positif terhadap olahraga dan kesehatan melalui pendekatan yang ramah anak dan relevan dengan kehidupan sehari-hari.

Komponen Penyusunan Program Tahunan PJOK Fase A

Informasi Bidang Studi

Langkah pertama dalam merancang Program Tahunan PJOK Kelas 1 adalah merumuskan informasi bidang studi. Dalam mata pelajaran PJOK kelas 1, informasi bidang studinya adalah pengembangan dasar keterampilan motorik, pengenalan olahraga sederhana, dan pendidikan dasar tentang kesehatan.

Alur Tujuan Pembelajaran (ATP)

Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) berisi serangkaian tujuan yang harus siswa capai dalam mata pelajaran PJOK Kelas 1. Guru menyusun ATP berdasarkan Tujuan Pembelajaran (TP) yang tercantum dalam kurikulum dan menyesuaikannya dengan karakteristik siswa Fase A.

ATP mencakup berbagai kemampuan yang perlu siswa kuasai, mulai dari gerakan dasar hingga pemahaman tentang pentingnya kebersihan dan kesehatan. Selain itu, ATP membantu guru merancang kegiatan pembelajaran yang sesuai dan relevan dengan tahap perkembangan siswa.

Alokasi Waktu

Alokasi waktu dalam PROTA berperan penting untuk memastikan setiap topik dalam ATP dapat guru ajarkan dengan durasi yang cukup. Pada PJOK Kelas 1, guru biasanya membagi alokasi waktu per minggu atau bulan, sesuai tingkat intensitas dan kompleksitas materi.

Guru juga memperhitungkan waktu untuk evaluasi dan pengayaan, agar siswa memiliki kesempatan yang cukup untuk memahami dan menguasai materi secara menyeluruh.

Pembagian Semester

Guru membagi PROTA PJOK Kelas 1 ke dalam dua semester, dengan fokus pembelajaran yang berbeda namun saling melengkapi.

Semester pertama biasanya menekankan pengenalan dan pengembangan keterampilan dasar, sedangkan semester kedua fokus pada penguatan dan pengayaan keterampilan yang sudah siswa pelajari.

Pembagian ini membantu guru mengatur ritme pembelajaran dan memastikan seluruh kompetensi tercapai pada akhir tahun ajaran.

Tips Menyusun Program Tahunan

  1. Pahami Karakteristik Siswa: Ketika guru mengetahui kondisi fisik dan mental siswa. Tentu saja akan mempermudah guru dalam menyusun PROTA yang sesuai dengan kebutuhan dan perkembangan mereka.
  2. Manfaatkan Perangkat Pembelajaran yang Ada: Gunakan modul pelatihan, perangkat lunak perencanaan kurikulum, atau rencana pembelajaran yang sudah tersedia untuk membantu penyusunan PROTA.
  3. Sesuaikan dengan Kondisi Sekolah: Sesuaikan PROTA dengan sarana dan prasarana sekolah. Jika ada keterbatasan sarana di sekolah, kreativitas dalam menyusun aktivitas pembelajaran sangat diperlukan.
  4. Membuat siswa aktif: Aktivitas belajar sebaiknya bervariasi, mulai dari permainan, simulasi, hingga proyek kolaboratif yang dapat merangsang minat siswa. Selain itu, berikan kesempatan bagi siswa untuk berpartisipasi dalam diskusi dan refleksi mengenai pengalaman mereka.
  5. Evaluasi dan Revisi Secara Berkala: Lakukan evaluasi dalam pelaksanaan PROTA dan revisi jika diperlukan. Evaluasi ini bisa dilakukan pada akhir setiap semester untuk melihat pencapaian kompetensi siswa.

Download PROTA PJOK Kelas 1 Semester 1 dan 2 Kurikulum Merdeka

Untuk membantu para guru merumuskan PROTA PJOK Fase A, kami menyediakan format program tahunan yang bisa mendownload dan mengeditnya menggunakan Microsoft Excel. Format tersebut telah kami susun berdasarkan Kurikulum Merdeka dan bisa Anda sesuaikan dengan kondisi sekolah. 

Anda dapat melakukan perubahan alokasi waktu, tema pembelajaran, maupun aktivitas belajar sesuai kebutuhan dan kondisi sarana/prasarana yang dimiliki sekolah. 

Dengan format tersebut, Anda bisa menjalankan proses pembelajaran lebih fokus dan berkualitas tanpa harus menyusunnya dari awal.

File Program Tahunan PJOK Kelas 1

Lihat Artikel Selanjutnya: PROMES PJOK Kelas 1 Kurikulum Merdeka Terbaru

Akhir Kata

Program Tahunan (PROTA) PJOK Kelas 1 Kurikulum Merdeka adalah dasar penting untuk menjamin proses pembelajaran yang efisien dan terstruktur. Dengan mempelajari serta menerapkan PROTA secara optimal. Sehingga guru dapat membimbing siswa dalam mengembangkan keterampilan motorik, kebiasaan hidup sehat, dan sikap positif terhadap olahraga sejak dini.

Jangan lupa untuk selalu menyesuaikan PROTA ini dengan karakteristik siswa dan kondisi sekolah Anda agar hasil yang dicapai dapat optimal. Semoga panduan ini membantu Anda dalam menyusun dan mengimplementasikan PROTA PJOK di kelas Anda.

Sumber:

Kusumawati, M., & Winarni, S. (2020). Perencanaan Pembelajaran Pendidikan Jasmani. Penerbit Cakrawala Cendekia. Diakses dari: http://repository.unismabekasi.ac.id/2667/1/Buku%20Mia%20Kusumawati.pdf

Safitri, E. W. (2019). Analisis Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Mata Pelajaran PJOK SD Negeri Kelas V Se-Kecamatan Pakem Kabupaten Sleman Ditinjau dari Pembelajaran Literasi (Skripsi Sarjana S.1). Universitas Negeri Yogyakarta. Diakses dari: http://eprints.uny.ac.id/65510/1/Skripsi%20Vridaa.pdf

Add a Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tetap bersama kami dengan info terupdate!

Dengan menekan tombol Berlangganan, Anda mengonfirmasi bahwa Anda telah membaca dan menyetujui ketentuan kami.Privacy Policy and Terms of Use