Follow

Tetap bersama kami dengan info terupdate!

Dengan menekan tombol Berlangganan, Anda mengonfirmasi bahwa Anda telah membaca dan menyetujui ketentuan kami.Privacy Policy and Terms of Use

PROMES Matematika Kelas 1 Kurikulum Merdeka [Download]

PROMES Matematika Kelas 1 Kurikulum Merdeka PROMES Matematika Kelas 1 Kurikulum Merdeka

PROMES Matematika Kelas 1 membantu guru merancang pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan siswa di era Kurikulum Merdeka. Dokumen ini memandu guru membangun dasar berpikir logis dan kemampuan memecahkan masalah secara terstruktur.

Artikel ini membahas tentang kebutuhan perangkat ajar kelas 1 dan menyertakan contoh-contoh yang bisa Anda unduh serta langsung gunakan. Semoga anda dapat menyusun pembelajaran yang efektif dan relevan.

Unduh Sekarang! Dapatkan perangkat ajar yang sesuai dengan Kurikulum Merdeka hanya dengan beberapa klik.

Mengapa Setiap Guru Butuh PROMES Matematika Kelas 1? Ini Jawaban Berdasarkan Praktik Nyata

Membuat pembelajaran matematika yang terarah di kelas 1, terutama dalam Kurikulum Merdeka yang fleksibel, seringkali menjadi tantangan.

Jawabannya terletak pada perencanaan yang matang, di mana Program Semester (PROMES) memegang peranan vital.

PROMES merupakan kerangka alokasi waktu terstruktur. PROMES berfungsi sebagai jembatan yang menghubungkan materi ajar dengan tujuan utama, yaitu menguatkan pondasi numerasi siswa secara bertahap dan sistematis.

Alfi Lathifah (2018) menyoroti pentingnya perencanaan pembelajaran melalui temuan signifikan. Studi yang dilakukannya menunjukkan adanya korelasi positif antara penggunaan perencanaan, yang kini dikenal sebagai Modul Ajar, dan peningkatan hasil belajar siswa.

Pembelajaran tanpa perencanaan membuat 18 dari 32 siswa mendapat nilai di bawah Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran (KKTP). Setelah guru menggunakan perencanaan, siswa yang nilainya di bawah KKTP berkurang drastis menjadi 6.

Data tersebut membuktikan bahwa perencanaan terperinci berpengaruh besar pada capaian numerasi siswa.

Hasil penelitian dari Rizal dkk. (2024) menekankan perencanaan pembelajaran sebagai penentu efektivitas dan kualitas pengajaran. Sedangkan Martono (2014) mendukung pernyataan tersebut. Ia menemukan perencanaan pembelajaran meningkatkan kualitas mengajar guru.

Penelitiannya mengungkapkan, 40% dari 50 guru memiliki persiapan mengajar yang sangat baik berkat perencanaan. Persiapan matang membantu guru mengantisipasi berbagai kebutuhan siswa di kelas, menciptakan lingkungan belajar yang kondusif, dan mengoptimalkan setiap momen pengajaran.

Oleh karena itu, PROMES menjadi landasan utama untuk menerjemahkan Kurikulum Merdeka ke praktik nyata. Sebuah perencanaan terstruktur memberi kejelasan dan arah bagi guru sebelum menyusun Modul Ajar yang lebih fleksibel.

PROMES membantu semua tujuan pembelajaran tercakup secara logis dan terukur. Implementasi PROMES sejak kelas 1 adalah kunci menanamkan logika dan etika secara konsisten, membangun karakter kuat, serta menciptakan generasi siap menghadapi masa depan.

Jadi, apa langkah Anda selanjutnya untuk memaksimalkan PROMES di sekolah?

Pembelajaran Matematika Fase A Kurikulum Merdeka

Program kurikulum merdeka memberi kebebasan siswa memilih pelajaran sesuai minat, serta mendorong guru menggunakan metode inovatif. 

Tujuannya agar siswa lebih aktif, kritis, dan mengembangkan keterampilan relevan dengan perkembangan zaman.

Kurikulum Merdeka memberi siswa ruang untuk mengeksplorasi dan mendalami materi sesuai minat dan bakat mereka, sementara guru membimbing dan memfasilitasi proses belajar.

Tidak seperti kurikulum sebelumnya, Kurikulum Merdeka lebih menekankan pada pengembangan kompetensi siswa melalui berbagai aktivitas kontekstual yang selaras dengan kehidupan sehari-hari. Melalui berbagai inisiatif ini, guru mendorong siswa untuk memahami teori dan menguasai keterampilan praktis yang berguna dalam kehidupan sehari-hari maupun masa depan mereka.

Hal ini tentunya sangat relevan dengan pembelajaran matematika di kelas 1 SD, di mana siswa sedang dalam tahap awal memahami konsep-konsep dasar yang akan menjadi fondasi bagi pembelajaran mereka di masa depan.

Fase A (Kelas 1 dan 2) dalam Kurikulum Merdeka menumbuhkan rasa ingin tahu siswa serta mengembangkan keterampilan dasar matematika.

Guru mengarahkan pembelajaran agar siswa memahami konsep dasar seperti penjumlahan, pengurangan, pengenalan bentuk, dan pengukuran melalui aktivitas yang menyenangkan dan interaktif. Karena lebih menekankan pembelajaran kontekstual dan relevan agar siswa mampu mengaplikasikan pengetahuan dalam kehidupan sehari-hari.

Mengenal Program Semester (PROMES) Matematika Kelas 1

Definisi

PROMES Matematika Kelas 1 adalah dokumen perencanaan pembelajaran yang menyusun materi Matematika secara sistematis untuk satu semester. Dokumen ini memuat alokasi waktu dan Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) yang menjadi panduan guru dalam mengatur urutan dan waktu pembelajaran.

Manfaat

Manfaat utama dari penyusunan PROMES adalah memberikan panduan yang jelas bagi guru dalam mengelola waktu dan materi pelajaran. Dengan adanya PROMES, guru dapat:

  • Mengatur Alokasi Waktu: Menentukan berapa lama setiap topik materi yang akan guru ajarkan.
  • Memastikan Cakupan Materi: Menjamin semua materi penting tercakup dalam satu semester.
  • Membantu Evaluasi: Memberikan acuan untuk mengevaluasi kemajuan belajar siswa.

Struktur Komponen PROMES

Struktur PROMES Matematika Kelas 1 dalam Kurikulum Merdeka meliputi berbagai komponen utama yang saling terhubung. Setiap komponen memiliki fungsi dan peran yang sama pentingnya dalam mencapai tujuan pembelajaran.

Berikut adalah komponen utamanya:

  • Informasi Umum: Memuat identitas sekolah, mata pelajaran, serta informasi lain yang relevan dengan pelaksanaan pembelajaran.
  • Alur Tujuan Pembelajaran (ATP): Kerangka dasar dari kumpulan tujuan pembelajaran matematika kelas 1.
  • Jumlah Jam Tatap Muka: Mengatur alokasi waktu yang tersedia untuk pembelajaran matematika.
  • Semester dan Alokasi Waktu per Minggu: Mencakup pembagian waktu pembelajaran per minggu sesuai dengan pengalokasian topik materi.
  • Pengecekan Checklist: Bertujuan untuk memastikan bahwa semua komponen pembelajaran akan terlaksana sesuai rencana.

Materi Pelajaran Matematika Fase A

Pada semester 1, guru mengajarkan topik matematika kelas 1 mencakup pengenalan angka, penjumlahan dan pengurangan sederhana, serta pengenalan bentuk-bentuk dasar geometri.

Setiap topik ini diberikan alokasi waktu yang berbeda, tergantung pada tingkat kesulitan dan pentingnya materi tersebut dalam membangun fondasi matematika siswa.

Guru harus memastikan bahwa setiap topik akan tersampaikan secara komprehensif sebelum melanjutkan ke materi berikutnya, dan melakukan pengecekan checklist untuk memastikan semua materi telah tercakup.

Pada PROTA Matematika Kelas 1 Semester 2 melanjutkan materi dari semester 1 dengan menambahkan konsep-konsep baru. Misalnya seperti pengukuran panjang dan waktu, serta pengenalan pecahan sederhana. Sedangkan alokasi waktu pada semester ini mungkin sedikit berbeda karena materi yang guru ajarkan lebih beragam dan memerlukan pendekatan yang lebih interaktif.

Selain itu, integrasi antara matematika dengan mata pelajaran lain juga mulai diperkenalkan, seperti penggunaan konsep matematika dalam pelajaran IPA (Ilmu Pengetahuan Alam) dan IPS (Ilmu Pengetahuan Sosial).

Tantangan Menyusun PROMES dan Kaitannya dengan Perangkat Ajar Lainnya

Menyusun PROMES bukan tanpa tantangan. Salah satu tantangan terbesar adalah menyeimbangkan antara materi yang harus diajarkan dengan waktu yang tersedia.

Guru seringkali dihadapkan pada situasi di mana banyak materi yang harus disampaikan dalam waktu yang terbatas. Selain itu, PROMES harus selaras dengan perangkat ajar lainnya seperti modul ajar dan Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) untuk memastikan keterpaduan dalam pembelajaran.

Download PROMES Matematika Kelas 1 Kurikulum Merdeka

Untuk mempermudah guru dalam menyusun dan menggunakan Program Semester (PROMES), kami menyediakan format PROMES Matematika Kelas 1 dalam bentuk Microsoft Excel yang dapat Anda download dengan mudah.

Kami mengembangkan format dengan sangat cermat untuk memudahkan guru dalam mengatur alokasi waktu dan materi pelajaran secara efisien dan efektif. 

Dengan menggunakan format ini, guru dapat menyusun perangkat ajar yang lebih terstruktur dan sistematis, sehingga proses belajar mengajar di kelas dapat berjalan dengan lebih lancar dan terarah.

Selain itu, format Excel ini juga memungkinkan guru untuk melakukan penyesuaian dan modifikasi sesuai dengan kebutuhan dan perkembangan siswa di kelas masing-masing.

Kami berharap dengan adanya format PROMES ini, akan semakin banyak guru yang terbantu dalam melaksanakan tugas mereka dan dapat memberikan pembelajaran yang berkualitas kepada siswa-siswi mereka.”

File PROSEM Matematika Kelas 1

Lihat Artikel Selanjutnya: Modul Ajar Matematika Kelas 1 Semester 1 dan 2 Kurikulum Merdeka

Akhir Kata

PROMES adalah salah satu alat yang sangat penting dalam perencanaan pembelajaran. Dengan menyusun PROMES yang baik, guru dapat memastikan bahwa pembelajaran matematika berjalan sesuai rencana dan mencapai tujuan yang diharapkan.

Dalam era Kurikulum Merdeka ini, para guru memiliki kebebasan yang lebih besar, tetapi juga tanggung jawab yang lebih besar dalam merancang perangkat ajar yang efektif dan relevan bagi siswa. 

Semoga postingan ini bermanfaat bagi para guru yang membutuhkan perangkat ajar, terutama menyusun PROMES Matematika Kelas 1 yang efektif dan efisien.

Sumber:

Lathifah, A. (2018). Hubungan antara Rencana Pelaksanaan Pembelajaran dengan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas V MI Al-Adli Palembang. Skripsi Sarjana S.1, Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang. Diakses dari: https://repository.radenfatah.ac.id/11999/1/SKRIPSI%20ALFI%20LATHIFAH%20FULL%20FIX%20PDF.pdf

Martono. (2014). Pengaruh Perencanaan Pembelajaran terhadap Peningkatan Kualitas Mengajar Guru di SMP Negeri 2 Maros. Skripsi, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. Diakses dari: https://repositori.uin-alauddin.ac.id/2657/1/Martono.pdf

Rizal, A. A., et al. (2024). Implementasi Perencanaan Pembelajaran pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di Kelas 4 SD Negeri 01 Cibodas. MESIR: Journal of Management Education Social Sciences Information and Religion, 1(2), 1-10. Diakses dari: https://rayyanjurnal.com/index.php/MESIR/article/download/3119/pdf

Add a Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tetap bersama kami dengan info terupdate!

Dengan menekan tombol Berlangganan, Anda mengonfirmasi bahwa Anda telah membaca dan menyetujui ketentuan kami.Privacy Policy and Terms of Use