KKTP PKn Kelas 1 Semester 1 Kurikulum Merdeka

Download KKTP PKn Kelas 1 Semester 1 - Kurikulum Merdeka yang mulai diterapkan di Indonesia bertujuan untuk memberikan fleksibilitas dalam pembelajaran serta menekankan pada pengembangan karakter dan kompetensi siswa.

Salah satu mata pelajaran yang penting dalam kurikulum ini adalah Pendidikan Kewarganegaraan (PKn), yang bertujuan untuk menanamkan nilai-nilai kebangsaan dan moral sejak dini.

Dalam pembelajaran PKn untuk siswa kelas 1 semester 1, penting untuk menetapkan Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran (KKTP) sebagai tolok ukur keberhasilan proses belajar mengajar.

Ikhtisar KKTP PKn Kelas 1 Kurikulum Merdeka

KKTP adalah indikator atau kriteria yang digunakan untuk menentukan sejauh mana tujuan pembelajaran telah tercapai. Kriteria ini berfungsi sebagai panduan bagi guru dalam merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi proses pembelajaran.

Para pendidik memanfaatkan KKTP untuk menjamin tercapainya setiap tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan dalam modul pengajaran secara efektif.

KKTP PKn Kelas 1 Semester 1

Tujuan Pembelajaran PKn Kelas 1 Semester 1

Sebelum membahas KKTP lebih jauh, penting untuk memahami terlebih dahulu apa saja tujuan pembelajaran PKn di kelas 1 semester 1 dalam Kurikulum Merdeka. 

  1. Memahami Identitas Diri: Siswa diharapkan mampu mengenali dan memahami identitas diri mereka, termasuk nama lengkap, asal usul, serta anggota keluarga.
  2. Menghargai Perbedaan: Siswa diajarkan untuk menghargai perbedaan di antara teman-teman sekelas mereka, baik dalam hal suku, agama, maupun kebiasaan.
  3. Menumbuhkan Sikap Bertanggung Jawab: Siswa dilatih untuk memiliki sikap bertanggung jawab dalam kehidupan sehari-hari, misalnya dengan menjaga kebersihan diri dan lingkungan.
  4. Memahami Nilai-nilai Kebangsaan: Siswa dikenalkan pada nilai-nilai dasar kebangsaan seperti cinta tanah air dan kebersamaan.
  5. Membangun Karakter Positif: Pembelajaran PKn juga bertujuan untuk membangun karakter siswa agar memiliki sikap disiplin, jujur, dan sopan santun.

Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran (KKTP) PKn Fase A

KKTP dalam pembelajaran PKn kelas 1 semester 1 harus dirancang sedemikian rupa sehingga sesuai dengan karakteristik siswa fase A yang masih dalam tahap perkembangan awal.

Kriteria ini harus mampu mengukur pencapaian siswa dalam hal pengetahuan, keterampilan, dan sikap sesuai dengan tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan. Adapun kriteria tersebut adalah:

1. Pemahaman Identitas Diri

Untuk mengukur ketercapaian dalam memahami identitas diri, beberapa indikator yang dapat digunakan antara lain:

  • Kemampuan Menyebutkan Nama dan Identitas Pribadi: Siswa mampu menyebutkan nama lengkap, nama panggilan, dan asal usul dengan jelas dan benar.
  • Penggunaan Informasi Pribadi dalam Diskusi Kelas: Siswa dapat menggunakan informasi mengenai dirinya dalam percakapan atau diskusi di kelas dengan percaya diri.
  • Pengenalan Anggota Keluarga: Siswa mampu mengenali dan menyebutkan anggota keluarga inti seperti ayah, ibu, dan saudara kandung.

2. Penghargaan terhadap Perbedaan

Kriteria untuk menilai penghargaan siswa terhadap perbedaan meliputi:

  • Sikap Toleran terhadap Teman: Siswa menunjukkan sikap toleran dan menghargai perbedaan suku, agama, dan budaya di antara teman-teman sekelasnya.
  • Kemampuan Bekerja Sama dalam Kelompok: Siswa mampu bekerja sama dalam kelompok kecil dengan berbagai latar belakang tanpa menunjukkan sikap diskriminatif.
  • Penerimaan terhadap Perbedaan Individu: Siswa menerima perbedaan yang ada di lingkungan sekolah dan tidak menganggap perbedaan tersebut sebagai penghalang untuk berteman atau bekerja sama.

3. Sikap Bertanggung Jawab

Untuk menilai sikap bertanggung jawab siswa, KKTP PKn Kelas 1 dapat mencakup:

  • Kebiasaan Menjaga Kebersihan: Siswa secara konsisten menjaga kebersihan diri, seperti mencuci tangan sebelum makan dan merapikan mainan setelah bermain.
  • Tanggung Jawab terhadap Tugas Sekolah: Siswa diharapkan untuk menyelesaikan setiap tugas yang diberikan oleh guru tepat waktu dan dengan hasil yang memuaskan.
  • Peran Aktif dalam Kegiatan Kelas: Siswa aktif dalam kegiatan kelas, misalnya dengan berpartisipasi dalam diskusi atau membantu teman yang membutuhkan bantuan.

4. Pemahaman Nilai-Nilai Kebangsaan

Kriteria ketercapaian untuk pemahaman nilai-nilai kebangsaan dapat berupa:

  • Menyanyikan Lagu Kebangsaan: Siswa bisa menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya dengan sikap yang benar.
  • Penghormatan terhadap Simbol Negara: Siswa menunjukkan sikap hormat saat melihat bendera merah putih atau mendengar lagu kebangsaan.
  • Pengetahuan Dasar tentang Negara: Siswa mengenal simbol-simbol negara seperti bendera, lambang negara (Garuda Pancasila), dan Presiden.

5. Pembentukan Karakter Positif

Kriteria terakhir adalah mengenai pembentukan karakter positif, yang dapat diukur melalui:

  • Kedisiplinan dalam Mengikuti Aturan Kelas: Siswa mengikuti aturan yang berlaku di kelas dengan disiplin, seperti antri saat bermain atau menjaga ketertiban di ruang kelas.
  • Kejujuran dalam Berinteraksi: Siswa menunjukkan sikap jujur dalam berinteraksi dengan guru dan teman-teman, misalnya dengan tidak berbohong atau mencuri.
  • Sopan Santun dalam Berbicara dan Bertindak: Siswa selalu menggunakan bahasa yang sopan dan menunjukkan sikap hormat kepada orang lain.

Implementasi KKTP dalam Pembelajaran

Implementasi KKTP dalam pembelajaran PKn di kelas 1 semester 1 membutuhkan strategi yang tepat. Guru harus mampu menyusun aktivitas pembelajaran yang sesuai dengan tujuan dan kriteria ketercapaian yang telah ditetapkan.

  1. Merancang Rencana Pembelajaran yang Komprehensif: Guru perlu menyusun modul ajar yang jelas dan detail, mencakup tujuan pembelajaran, strategi, serta evaluasi yang sesuai dengan KKTP.

  2. Menerapkan Pembelajaran Aktif: Guru diharapkan menggunakan metode pembelajaran aktif yang melibatkan siswa secara langsung dalam proses belajar, seperti diskusi kelompok, permainan edukatif, dan kegiatan simulasi.

  3. Melakukan Evaluasi Secara Berkala: Evaluasi pembelajaran harus dilakukan secara berkala untuk mengukur ketercapaian siswa terhadap KKTP yang telah ditetapkan. Evaluasi ini dapat seperti: tes tertulis, observasi, atau penilaian portofolio.

  4. Memberikan Umpan Balik yang Konstruktif: Umpan balik kepada siswa harus disampaikan secara konstruktif, agar siswa mengetahui kemajuan mereka serta area yang perlu diperbaiki.

  5. Integrasi Pembelajaran dengan Kehidupan Sehari-hari: Guru perlu mampu mengaitkan materi PKn dengan kehidupan sehari-hari siswa, sehingga pembelajaran menjadi lebih bermakna dan relevan.

Download KKTP PKn Kelas 1 Semester 1 Kurikulum Merdeka

Apakah Anda seorang guru kelas 1 yang tengah mencari perangkat ajar PKn untuk Semester 1 Kurikulum Merdeka? Kami punya solusi ideal untuk Anda! 

Kami dengan bangga mempersembahkan format dokumen perangkat ajar KKTP PKn yang dirancang khusus untuk mempermudah Anda dalam merencanakan pembelajaran.

Dengan format yang sudah kami sediakan, Anda dapat dengan mudah mengedit dan menyesuaikan materi menggunakan Microsoft Office Word. 

Tidak perlu khawatir tentang kesulitan teknis format ini dirancang untuk memudahkan Anda agar lebih fokus pada proses pengajaran.

Download sekarang dan rasakan kemudahan dalam menyusun rencana ajar yang efektif dan sesuai dengan kurikulum. Dengan perangkat ajar ini, Anda dapat memastikan bahwa setiap pelajaran yang Anda sampaikan sesuai dengan standar Kurikulum Merdeka dan dapat diadaptasi dengan cepat sesuai kebutuhan kelas Anda.

Unduh sekarang. Jangan sia-siakan kesempatan ini, tingkatkan kualitas penilaian Anda secara praktis dan efisien!
 

Akhir Kata

Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran (KKTP) Kurikulum Merdeka merupakan pedoman penting bagi guru untuk memastikan bahwa tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan efektif.

KKTP PKn Kelas 1 Semester 1 mencakup berbagai aspek seperti pemahaman identitas diri, penghargaan terhadap perbedaan, sikap bertanggung jawab, pemahaman nilai-nilai kebangsaan, dan pembentukan karakter positif.

Dengan implementasi perangkat ajar yang tepat, diharapkan siswa kelas 1 dapat tumbuh menjadi individu yang memiliki karakter baik dan memahami nilai-nilai kebangsaan sejak dini.