Guru SD kini bisa unduh PROMES Bahasa Inggris Kelas 1 berbasis Kurikulum Merdeka untuk merancang pembelajaran lebih fleksibel. Perangkat ini membantu menyusun program semester sekaligus mengukur ketuntasan pembelajaran dari setiap ATP secara praktis.
Salah satu komponen penting dalam perencanaan Kurikulum Merdeka adalah Program Semester (PROMES), yang merupakan pengalokasian waktu dari alur tujuan pembelajaran (ATP) dalam satu semester.
Pada artikel ini, kita akan membahas secara mendalam mengenai PROSEM Bahasa Inggris untuk Kelas 1 Kurikulum Merdeka.
Pembahasan ini mencakup pengenalan Kurikulum Merdeka dalam pembelajaran Bahasa Inggris, konsep dasar PROMES, struktur dan komponen penting dalam PROMES, serta topik materi pelajaran yang perlu diperhatikan.
Di akhir artikel, Anda juga dapat mengunduh format PROMES yang telah disusun dengan rapi untuk memudahkan perencanaan pembelajaran di kelas.
Mengenal Kurikulum Merdeka dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Fase A
Kurikulum Merdeka merupakan sebuah langkah revolusioner dalam pendidikan di Indonesia yang memberi ruang bagi sekolah untuk berkreasi dalam menyusun pembelajaran yang lebih relevan dan sesuai dengan kebutuhan siswa.
Pembelajaran Bahasa Inggris untuk Fase A, yang meliputi Kelas 1 dan 2, yang memfokuskan pada pengembangan kemampuan dasar berbahasa. Sehingga mengharapkan siswa dapat mulai mengenal kosakata dasar, ungkapan sederhana, serta mampu berinteraksi dalam Bahasa Inggris melalui aktivitas yang menyenangkan.
Di Fase A ini, tujuan utama adalah membangun fondasi yang kuat dalam kemampuan berbahasa Inggris.
Guru memiliki peran penting dalam merancang aktivitas pembelajaran yang interaktif dan menarik agar siswa tertarik dan termotivasi untuk belajar.
PROMES menjadi salah satu perangkat ajar yang membantu guru dalam mengelola dan merencanakan pembelajaran agar tujuan pembelajaran dapat tercapai secara efektif dan efisien.
Konsep Dasar PROMES Bahasa Inggris Kelas 1
Pengertian PROMES
PROMES atau Program Semester adalah dokumen perencanaan yang memetakan Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) dalam satu semester.
ATP sendiri merupakan urutan tujuan pembelajaran yang disusun secara sistematis untuk mencapai kompetensi yang diinginkan dalam kurun waktu tertentu.
Dalam pembelajaran Bahasa Inggris Kelas 1, PROMES menjadi panduan bagi guru dalam mengatur dan mengelola proses pembelajaran selama satu semester.
Tujuan dan Fungsi PROMES
Tujuan utama dari PROMES adalah untuk memastikan bahwa pembelajaran berjalan sesuai dengan rencana yang telah ditetapkan, sehingga semua tujuan pembelajaran dapat tercapai pada akhir semester.
Selain itu, PROMES juga berfungsi sebagai perangkat ajar untuk monitoring dan evaluasi bagi guru untuk melihat perkembangan siswa dan menyesuaikan strategi pembelajaran.
PROMES juga berfungsi untuk:
- Memastikan bahwa setiap materi pelajaran dapat diajarkan dengan alokasi waktu yang tepat.
- Memberikan panduan bagi guru dalam menyusun modul ajar ataupun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) harian.
- Membantu guru mengidentifikasi prioritas pembelajaran berdasarkan urutan ATP.
Keterkaitan PROMES dengan Perangkat Ajar Lain
PROMES tidak berdiri sendiri, melainkan saling terkait dengan perangkat ajar lainnya seperti modul ajar, alur tujuan pembelajaran (ATP), kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran (KKTP). PROMES berfungsi sebagai kerangka besar yang mengarahkan penyusunan perangkat ajar lainnya.
Dengan adanya PROMES, guru dapat lebih mudah menyusun bahan ajar yang sesuai dengan tujuan pembelajaran yang telah guru petakan. Karena keterkaitan ini maka seluruh komponen pembelajaran bekerja secara harmonis untuk mencapai tujuan akhir pembelajaran.
Struktur dan Komponen Program Semester Bahasa Inggris Kelas 1
PROMES Bahasa Inggris Kelas 1 dalam Kurikulum Merdeka disusun dengan struktur dan komponen yang jelas dan terorganisir. Berikut adalah komponen utama yang harus ada dalam PROMES:
1. Identitas Program
Bagian ini mencakup informasi dasar misalnya seperti nama sekolah, kelas, semester, tahun ajaran, dan nama guru. Identitas program ini penting untuk mendokumentasikan perencanaan pembelajaran dan memudahkan administrasi.
2. Alur Tujuan Pembelajaran (ATP)
ATP berisi urutan tujuan pembelajaran yang guru rancang untuk satu semester. Guru menyusun ATP secara sistematis dan logis agar siswa bisa memahami dan menguasai kompetensi yang perlu mereka pelajari.
Dalam PROMES, guru menyajikan ATP dalam bentuk tabel yang memuat urutan materi dan tujuan pembelajaran.
3. Jumlah Jam Tatap Muka
Guru juga perlu mencantumkan jumlah jam tatap muka untuk setiap ATP dalam PROMES. Tujuannya agar setiap tujuan pembelajaran mendapat waktu yang cukup dan sesuai dengan kebutuhan siswa.
4. Semester dan Alokasi Waktu sesuai Kalender Akademik
Alokasi waktu dalam PROMES harus sinkron dengan kalender akademik yang berlaku. Oleh karena itu, guru perlu mencocokkan jumlah minggu efektif dalam satu semester dengan jumlah ATP yang harus tuntas. Hasilnya, pembelajaran dapat berjalan dengan lancar tanpa ada materi yang tertinggal.
Dalam format PROMES, biasanya terdapat tabel di mana guru dapat mencentang setiap ATP yang berdasarkan dengan alokasi waktu yang terencana. Sehingga guru bisa memantau kemajuan pembelajaran dan memastikan tidak ada tujuan yang terlewatkan.
Topik Materi Pelajaran Bahasa Inggris Kelas 1
Pada Kelas 1, materi pelajaran Bahasa Inggris berfokus pada pengenalan dasar-dasar bahasa yang menyenangkan dan interaktif. Beberapa topik materi yang akan guru ajarkan kepada siswa fase A dalam pembelajaran antara lain:
- Greetings and Introductions: Mengajarkan siswa cara menyapa dan memperkenalkan diri.
- Numbers and Colors: Mengenalkan angka dan warna dalam Bahasa Inggris.
- Simple Commands: Memahami dan mengikuti perintah sederhana.
- Family Members: Mengenalkan nama-nama anggota keluarga dalam Bahasa Inggris.
- Daily Activities: Mengajarkan ungkapan sederhana yang berkaitan dengan aktivitas sehari-hari.
- Animals and Fruits: Mengenalkan nama-nama hewan dan buah-buahan dalam Bahasa Inggris.
Guru menyajikan topik tersebut dalam bentuk kegiatan yang interaktif dan menyenangkan. Misalnya seperti menyanyi, bermain peran, atau menggunakan flashcards, sehingga siswa dapat belajar dengan lebih antusias dan efektif.
Mengapa PROMES Bahasa Inggris Kelas 1 Penting untuk Perencanaan Pembelajaran yang Terarah?
Sebagai guru kelas 1, Anda adalah penentu fondasi Bahasa Inggris anak. Menghadapi Kurikulum Merdeka, muncul pertanyaan yang menantang:
Bagaimana mengelola kebebasan dalam mengajar tanpa kehilangan arah?
Mengabaikan Program Semester (PROMES) bukanlah sikap merdeka, tetapi kelalaian profesional yang merugikan. Sebaliknya, PROMES justru merupakan kerangka yang menguatkan semangat merdeka belajar.
PROMES adalah rancangan sistematis yang memastikan proses belajar berjalan terorganisir. Revika Niza Artiyana (2018), dalam studi kasusnya mengenai penerapan program Bahasa Inggris di SDIT Lukman Al Hakim Internasional, menyoroti bahwa implementasi program yang berhasil selalu melibatkan tiga tahapan utama: penyusunan rencana, pelaksanaan, dan evaluasi.
Perencanaan pembelajaran ini vital, terutama untuk siswa di kelas awal, karena fokus pengajaran lebih pada keterampilan mendengar (listening) dan berbicara (speaking).
Karena keterampilan bahasa berkembang berurutan dari menyimak, lalu berbicara, dilanjutkan dengan membaca, dan diakhiri dengan menulis—PROMES memastikan setiap tahap terintegrasi secara logis. Tanpa PROMES, pembelajaran acak dan membingungkan siswa.
Penyusunan PROMES merupakan manifestasi profesionalisme seorang pendidik. Rahmad Hidayat, Fajar Susanto, dkk. (2021) dalam penelitian mereka menekankan bahwa perencanaan administrasi perangkat pembelajaran adalah medium meningkatkan profesionalisme guru.
Walaupun penelitian ini berfokus pada guru SMA, prinsip perencanaan yang matang demi profesionalisme pendidik tetap relevan di semua tingkatan, termasuk sekolah dasar. Melalui PROMES, Anda menunjukkan kesiapan berubah, dari sekadar instruktur menjadi arsitek pengalaman belajar strategis.
Tanpa susunan terperinci, pendidik akan kesulitan mengukur sejauh mana tujuan pembelajaran telah tercapai dan bagaimana strategi yang ada perlu disesuaikan. Ketiadaan perencanaan yang terstruktur berdampak langsung pada kualitas pendidikan dan capaian siswa.
Jangan salahartikan “merdeka” sebagai alasan lalai.
Ambil kendali penuh atas proses perencanaan. Manfaatkan PROMES sebagai panduan strategis untuk menyajikan pelajaran yang sistematis, kreatif, dan bermakna.
Mulailah merancang PROMES sekarang, dan jadikan setiap semester petualangan pendidikan yang berharga bagi setiap siswa Anda.
Download Format PROMES Bahasa Inggris Kelas 1 Semester 1 dan 2 Kurikulum Merdeka
Agar Anda lebih mudah dalam menyusun perangkat ajar, kami telah menyediakan format PROSEM Bahasa Inggris Kelas 1 Semester 1 dan 2 yang bisa Anda unduh.
Format ini disusun menggunakan Microsoft Excel dan telah dirancang sedemikian rupa agar mudah diisi dan disesuaikan dengan kebutuhan Anda.
Dengan menggunakan format ini, Anda dapat langsung memetakan ATP, mengatur alokasi waktu, dan memantau perkembangan pembelajaran dengan lebih terstruktur.
Format yang praktis ini bertujuan untuk membantu Anda mengelola pembelajaran dengan lebih efisien, sehingga Anda dapat fokus pada pengajaran yang kreatif dan efektif.
Anda bisa mengunduh formatnya melalui tautan berikut:
Format PROSEM Bahasa Inggris Kelas 1
Lihat Artikel Selanjutnya: Modul Ajar Bahasa Inggris Kelas 1 Kurikulum Merdeka
Akhir Kata
PROMES Bahasa Inggris Kelas 1 adalah perangkat ajar kurikulum merdeka untuk memastikan bahwa pembelajaran berjalan sesuai dengan rencana dan mencapai tujuan pembelajaran (TP).
Dengan pemahaman yang baik mengenai konsep dasar PROMES dan penerapannya, guru dapat merancang pembelajaran yang lebih efektif, terstruktur, dan menyenangkan bagi siswa.
Jangan lupa untuk mengunduh format program semester yang telah kami sediakan agar Anda lebih mudah dalam merencanakan pembelajaran di kelas.
Semoga artikel ini dapat membantu Anda dalam memahami dan menerapkan PROMES Bahasa Inggris Kelas 1 dengan lebih baik. Selamat mengajar dan teruslah berinovasi dalam menciptakan pembelajaran yang bermakna bagi siswa!
Sumber:
Revika Niza Artiyana. (2018). IMPLEMENTASI PROGRAM BAHASA INGGRIS DI SDIT LUKMAN AL HAKIM INTERNASONAL. Universitas Negeri Yogyakarta. Diakses dari: https://journal.student.uny.ac.id/pgsd/article/viewFile/10799/10348
Rahmad Hidayat, Fajar Susanto, dkk. (2021). PENGEMBANGAN PROFESIONALISME PENDIDIK MELALUI PERENCANAAN ADMINISTRASI PERANGKAT PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS DI TINGKAT SMA. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Fakultas Pedagogi dan Psikologi Universitas PGRI Adi Buana Surabaya. Diakses dari: https://jurnal.unipasby.ac.id/kanigara/article/download/4878/3462/15726