Follow

Tetap bersama kami dengan info terupdate!

Dengan menekan tombol Berlangganan, Anda mengonfirmasi bahwa Anda telah membaca dan menyetujui ketentuan kami.Privacy Policy and Terms of Use

PROSEM PJOK Kelas 3 Semester 1 dan 2 Kurikulum Merdeka

PROSEM PJOK Kelas 3 PROSEM PJOK Kelas 3

Secara teori, PROSEM PJOK Kelas 3 berfungsi sebagai instrumen pedagogis yang mendukung pencapaian tujuan kurikulum secara sistematis dan terukur. Perancangan bertujuan untuk membantu guru mengelola pembelajaran berbasis aktivitas fisik dengan pendekatan diferensiatif dan berpusat pada peserta didik.

Setiap guru pasti ingin mengajar dengan percaya diri dan punya rencana yang jelas. Di sinilah PROSEM menjadi senjata utama untuk mengatur ritme pembelajaran, menyesuaikan materi, dan memastikan siswa berkembang sesuai potensinya.

Melalui artikel ini, Anda tidak hanya mendapatkan penjelasan mendalam tentang struktur dan peran perangkat ajar, tapi juga bisa langsung mengunduh format Program Semester PJOK Kelas 3 yang siap pakai. Format ini dapat Anda edit sesuai dengan kondisi sekolah dan kebutuhan siswa di kelas Anda.

Peran Vital PROSEM PJOK Kelas 3 di Kurikulum Merdeka

Menyusun Program Semester (PROSEM) bukan sekadar kewajiban dokumen sekolah, ini seperti merancang peta petualangan. Bagi guru PJOK kelas 3, PROSEM membantu memetakan jalur belajar yang seru dan bermakna.

Di dalamnya, tercermin tujuan pembelajaran fisik, penguatan karakter sosial, dan penanaman sikap sportif yang pas dengan tahap tumbuh kembang anak usia 8–9 tahun. PROSEM menjadi kompas yang memandu langkah guru agar setiap pertemuan punya arah dan dampak nyata.

PROSEM pada Kurikulum Merdeka menuntut fleksibilitas. Tiap pekan bukan hanya mengisi dengan materi, tetapi juga membingkainya dengan tujuan transformatif: pembelajaran bermakna yang tidak berhenti di lapangan, melainkan menjalar ke perilaku sehari-hari siswa.

Contohnya, saat guru menyusun pelajaran lompat jauh untuk melatih koordinasi motorik kasar, PROSEM memastikan aktivitas tersebut tidak hanya melatih fisik.

Di saat yang sama, siswa juga belajar membangun rasa percaya diri, berani mencoba hal baru, dan membiasakan diri bergerak aktif. Setiap pertemuan dirancang seperti urutan latihan yang saling terhubung, membentuk pola yang teratur dan mudah siswa fase B pahami

PROSEM juga menjadi refleksi kurikulum yang bergerak dinamis. Tak hanya memuat materi pokok, tapi juga memperhitungkan diferensiasi kebutuhan siswa. Guru bisa menyisipkan aktivitas remedial maupun pengayaan dalam alokasi waktu mingguan.

Apa Saja yang Terkandung dalam PROSEM PJOK Kelas 3?

Agar guru PJOK dapat memanfaatkan PROSEM secara maksimal, penting memahami elemen-elemen utama yang membentuk dokumen ini. Pertama, terdapat bagian Identitas PROSEM yang mencakup nama sekolah, tahun pelajaran, kelas/fase, semester, dan mata pelajaran. Bagian ini bersifat administratif namun sangat penting sebagai acuan formal dan dokumentasi.

Kedua adalah ATP (Alur Tujuan Pembelajaran), yaitu rumusan capaian pembelajaran yang tersusun secara bertahap dan sesuai dengan perkembangan usia siswa. Setiap ATP mencerminkan kombinasi antara keterampilan gerak dan nilai-nilai karakter seperti kerja sama, mandiri, dan kepedulian terhadap kesehatan diri.

Komponen selanjutnya adalah Jumlah Jam Pelajaran (JP) yang alokasinya sesuai untuk masing-masing ATP. Ini membantu guru menghitung beban waktu yang tepat untuk menyelesaikan tiap topik pembelajaran dengan tuntas dan efisien.

Terakhir, ada Alokasi Waktu ATP Per Minggu dalam bentuk tabel distribusi bulan. Kolom-kolom mingguan yang guru susun dari Juli–Desember (Semester 1) dan Januari–Juni (Semester 2) memberi panduan konkret kapan tiap ATP guru laksanakan, sehingga guru dapat menyesuaikan kegiatan lapangan sesuai kalender sekolah.

Struktur Rinci PROSEM PJOK Semester 1

Struktur PROSEM PJOK Kelas 3 Semester 1 secara khusus memuat empat ATP (Alur Tujuan Pembelajaran) utama yang berfokus pada penguasaan gerak dasar. Alokasi total 70 Jam Pelajaran (JP) mulai dari Juli hingga Desember, setiap pembelajaran terbagi menjadi secara progresif.

Materi pertama menekankan variasi gerakan lokomotor: berjalan, berlari, melompat, dan meloncat; yang penting untuk pondasi keterampilan motorik anak. Materi kedua memperkenalkan gerakan nonlokomotor seperti menekuk, meliuk, dan mengayun, yang membantu siswa mengontrol tubuh secara stabil.

ATP ketiga fokus pada variasi manipulatif, seperti melempar, menangkap, menendang, dan menahan bola merupakan keterampilan yang mendukung koordinasi mata dan tangan. Terakhir, guru mengajak siswa mempelajari senam dasar seperti sikap lilin dan lompat kangkang sebagai puncak integrasi pola gerak dominan.

Setiap tujuan pembelajaran tidak hanya untuk aspek fisik, tetapi juga menanamkan nilai-nilai seperti gotong royong dan kemandirian sesuai Profil Pelajar Pancasila. Dengan format mingguan yang fleksibel, guru bisa menyisipkan penguatan, remedial, atau aktivitas penyesuaian sesuai kebutuhan di lapangan.

Bagi guru PJOK, memahami isi dari PROSEM ini berarti memiliki peta kerja yang rapi dan fungsional untuk semester ganjil. Dokumen ini bukan sekadar pelengkap administratif, melainkan perangkat ajar untuk menciptakan pembelajaran jasmani yang menyenangkan, sistematis, dan berdampak langsung pada karakter siswa.

Download PROSEM PJOK Kelas 3 Semester 1 Kurikulum Merdeka docx

Bagi guru PJOK kelas 3 yang menginginkan proses perencanaan yang lebih praktis dan terarah, file Program Semester Kurikulum Merdeka berikut ini akan sangat membantu.

Ketika guru menyusun modul ajar, PROSEM ini memudahkan guru untuk langsung menerapkannya ke dalam kegiatan belajar mengajar di kelas. File ini tak hanya menyusun materi berdasarkan minggu, tetapi juga memiliki indikator keberhasilan yang konkret dan bisa langsung guru evaluasi.

Yang membuat file ini istimewa adalah struktur yang fleksibel. Guru bisa menyesuaikannya dengan kondisi riil sekolah masing-masing, baik dari segi fasilitas, karakter siswa, hingga ketersediaan waktu. PROSEM ini juga mendukung model pembelajaran diferensiatif, yang berarti guru bisa dengan mudah menambahkan kegiatan remedial atau pengayaan sesuai kebutuhan siswa.

Misalnya, dalam perencanaan minggu ke-9 yang fokus pada kebugaran jasmani, memberi ruang bagi guru untuk memodifikasi bentuk latihan agar relevan dan menyenangkan.

Refleksi mingguan juga tersedia agar guru bisa mencatat dinamika kelas dan menyesuaikan pendekatan pembelajaran di minggu berikutnya. Format file yang bisa Anda edit akan memberi keleluasaan untuk revisi atau personalisasi.

File mencakup:

  • Rencana Mingguan 18 minggu
  • Indikator dan Tujuan Per Pertemuan
  • Strategi Diferensiasi Pembelajaran
  • Catatan Refleksi Guru Mingguan

Jadi, jangan tunggu lebih lama. Segera unduh dan gunakan perangkat ajar melalui tautan berikut:

PROSEM PJOK Kelas 3 Semester 1

Akhir Kata

Program Semester PJOK Kelas 3 adalah kunci untuk menghidupkan pembelajaran yang tidak hanya aktif, tetapi juga bermakna dan menyenangkan. Di tangan guru yang kreatif, dokumen ini bisa menjadi panggung bagi siswa untuk tumbuh secara fisik dan mental.

Jangan anggap remeh perencanaan, dari sinilah karakter dan kebiasaan positif terbentuk sejak dini. Guru PJOK adalah sutradara, dan PROSEM adalah naskah yang fleksibel agar perencanaan pembelajaran tepat waktu.

Untuk memperluas referensi Anda, pastikan juga membaca artikel lainnya: PROSEM PJOK Kelas 3 Semester 2 Kurikulum Merdeka sebagai lanjutan perangkat ajar yang terstruktur dan menyenangkan.

Add a Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tetap bersama kami dengan info terupdate!

Dengan menekan tombol Berlangganan, Anda mengonfirmasi bahwa Anda telah membaca dan menyetujui ketentuan kami.Privacy Policy and Terms of Use