Follow

Tetap bersama kami dengan info terupdate!

Dengan menekan tombol Berlangganan, Anda mengonfirmasi bahwa Anda telah membaca dan menyetujui ketentuan kami.Privacy Policy and Terms of Use

KKTP PKn Kelas 3 Semester 1 Kurikulum Merdeka [Download]

KKTP PKn Kelas 3 Semester 1 Kurikulum Merdeka KKTP PKn Kelas 3 Semester 1 Kurikulum Merdeka

Artikel ini bertujuan untuk membantu guru-guru kelas 3 memahami dan menggunakan Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran (KKTP) untuk mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PKn) berdasarkan Kurikulum Merdeka.

KKTP adalah perangkat ajar yang memungkinkan guru menilai sejauh mana siswa telah mencapai tujuan pembelajaran yang ditetapkan dalam setiap bab dan tema. 

Dengan menggunakan KKTP, guru dapat lebih mudah mengidentifikasi area di mana siswa memerlukan bimbingan atau menunjukkan pemahaman yang baik. 

Artikel ini akan membahas Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran (KKTP), serta bagaimana guru dapat menggunakannya untuk mengevaluasi siswa secara efektif.

Mengapa Guru Membutuhkan KKTP PKn Kelas 3 Kurikulum Merdeka?

Sebagai seorang guru, Anda mungkin sering menghadapi tantangan untuk memberikan penilaian objektif terhadap pemahaman siswa, terutama dalam mata pelajaran seperti PKn, yang melibatkan nilai-nilai abstrak seperti keberagaman, toleransi, dan tanggung jawab.

Contoh Kasus:
Misalkan Anda mengajarkan siswa tentang konsep keberagaman dan pentingnya saling menghormati. Setelah selesai, bagaimana Anda dapat menilai apakah siswa benar-benar memahami dan menginternalisasi konsep ini? Apakah mereka hanya menghafal materi secara kognitif, atau juga menunjukkan perubahan sikap dan perilaku dalam kehidupan sehari-hari?

Seorang siswa mungkin memahami konsep keberagaman secara teoretis, namun masih kesulitan dalam berinteraksi dengan teman dari latar belakang berbeda. Di sisi lain, ada siswa yang mungkin pendiam saat di kelas, namun sangat menghormati dan menghargai teman-temannya di luar kelas.

Dengan KKTP, Anda memiliki kriteria untuk menilai ketiga aspek ini:

  1. Kognitif (pengetahuan),
  2. Afektif (sikap), dan
  3. Psikomotorik (tindakan atau perilaku).

Penilaian berbasis KKTP akan memberikan gambaran lebih lengkap tentang kemampuan siswa, sehingga Anda dapat memberikan bimbingan yang tepat.

Pengertian KKTP PKn Kelas 3

Menurut penjelasan dari Kompasiana.com:

KKTP merupakan serangkaian kriteria atau indikator yang menunjukkan sejauh mana peserta didik telah menguasai kompetensi dalam tujuan pembelajaran.

Selain itu, berdasarkan  Fitri Handayani (2025) yang dikutip dari Scribd.com menerangkan:

KKTP merupakan kriteria capaian dalam Kurikulum Merdeka yang lebih mengedepankan deskripsi penilaian dan fleksibilitas dalam mengukur capaian pembelajaran dibanding KKM. KKTP dapat dibuat menggunakan rubrik penilaian, deskripsi kriteria, atau skala nilai yang disesuaikan dengan kompetensi dan karakteristik siswa serta proses pembelajaran.

Sejalan dengan ini, dapat kita simpulkan bahwa KKTP adalah perangkat evaluasi yang berguna untuk menilai ketercapaian siswa terhadap tujuan pembelajaran dalam setiap materi ajar. 

Sedangkan KKTP Pendidikan Pancasila Kelas 3 berfokus pada evaluasi yang holistik, yang tidak hanya mencakup pemahaman siswa terhadap materi (aspek kognitif). Tetapi juga sikap mereka (aspek afektif) dan bagaimana mereka mengaplikasikan nilai-nilai tersebut dalam aktivitas sehari-hari (aspek psikomotorik).

Berikut adalah kategori penilaian dalam KKTP:

  • Perlu Bimbingan (0–68)
  • Cukup (68–78)
  • Baik (79–89)
  • Sangat Baik (90–100)

KKTP dalam Kurikulum Merdeka berfokus pada evaluasi capaian kompetensi siswa yang lebih berorientasi pada pemahaman konsep serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari, jadi tidak hanya terbatas pada aspek kognitif semata. 

Ini bertujuan agar siswa tidak hanya belajar teori tetapi juga mampu mengamalkan nilai-nilai Pancasila dan kewarganegaraan dalam kehidupan sosial mereka.

Struktur KKTP PKn Kelas 3 Semester 1

Bab I: Aku Anak Indonesia

Subtema: Aku dan Temanku

Dalam subtema ini, tujuan pembelajaran adalah agar siswa mampu menghargai identitas diri, teman, dan keluarga sesuai dengan budaya, suku bangsa, bahasa, dan agama. Evaluasi yang ada pada KKTP akan menilai sejauh mana siswa menghargai keragaman di lingkungan mereka.

Contoh Evaluasi:

Guru dapat mengamati bagaimana siswa berinteraksi dengan teman-teman mereka yang berasal dari latar belakang berbeda. 

Misalnya, seorang siswa mungkin tidak pernah berbicara dengan teman yang berasal dari daerah berbeda. 

Apakah siswa tersebut mulai menunjukkan sikap lebih terbuka setelah guru ajarkan tentang keberagaman?. Di sini, guru bisa menilai melalui observasi di kelas serta percakapan dengan siswa.

Contoh Refleksi bagi Guru:

Apakah siswa hanya memahami pentingnya keberagaman secara teoretis atau mereka juga mulai menunjukkan perubahan dalam sikap mereka sehari-hari?

Bagaimana siswa merespons jika terjadi perbedaan pendapat atau cara pandang di kelas?

Dengan KKTP, penilaian dapat mencakup aspek kognitif (pemahaman siswa tentang konsep keberagaman), afektif (sikap positif terhadap perbedaan), dan psikomotorik (bagaimana mereka bertindak ketika berhadapan dengan keberagaman).

Subtema: Tempat Tinggalku Bagian dari NKRI

Subtema ini menekankan pentingnya bagi siswa untuk mengenali dan memahami bahwa lingkungan tempat tinggal mereka adalah bagian dari Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Tujuan pembelajarannya adalah agar siswa lebih memahami pentingnya menjaga keutuhan NKRI.

Contoh Evaluasi:

Guru mengajak siswa untuk mengenali ciri-ciri lingkungan tempat tinggal mereka yang mencerminkan kebinekaan dan keterhubungan dengan NKRI.

Guru bisa memberikan penugasan sederhana, misalnya meminta siswa membuat gambar atau peta lingkungan mereka dan menjelaskan peran penting lingkungan tersebut dalam mendukung persatuan bangsa.

Bab II: Aku Patuh Aturan

Subtema: Aturan Sekolahku

Pada bab ini, siswa akan belajar memahami dan mengikuti peraturan yang berlaku di sekolah serta di lingkungan sekitar.

Penilaian berdasarkan KKTP PKn Kelas 3 akan melihat apakah siswa sudah mengenal aturan-aturan tersebut dan bagaimana mereka menerapkannya.

Contoh Evaluasi:

Guru dapat mengamati perilaku siswa dalam mematuhi peraturan sekolah, seperti ketepatan waktu, menghormati guru, dan menjaga kebersihan kelas. 

Misalnya, jika seorang siswa sering terlambat, guru dapat melihat apakah ada perubahan sikap setelah pelajaran mengenai pentingnya disiplin.

Subtema: Hak dan Kewajibanku di Rumah dan Sekolah

Pada subtema ini, siswa mempelajari hak dan kewajiban mereka sebagai anggota keluarga serta sebagai bagian dari komunitas sekolah.

Pelaksanaan evaluasi dengan menilai apakah siswa mengetahui hak dan kewajiban mereka, serta bagaimana mereka menjalankannya dalam kehidupan sehari-hari.

Contoh Evaluasi:

Memberikan siswa tugas untuk menuliskan daftar hak dan kewajiban mereka di rumah dan di sekolah. Kemudian guru menilai apakah siswa sudah memahami konsep ini dan apakah mereka menerapkannya secara konsisten.

Refleksi bagi Guru: Menghubungkan Aspek Kognitif, Afektif, dan Psikomotorik

Saat menerapkan KKTP, penting bagi guru untuk tidak hanya berfokus pada aspek kognitif (pengetahuan), tetapi juga menilai bagaimana pemahaman tersebut memengaruhi sikap dan tindakan siswa.

Berikut adalah beberapa pertanyaan refleksi yang dapat membantu memandu pemikiran Anda.

  1. Kognitif: Apakah siswa memahami konsep yang telah mereka pelajari dengan baik?. Apakah mereka mampu mengungkapkan pemahaman mereka tentang materi tersebut?
  2. Afektif: Bagaimana siswa menanggapi nilai-nilai seperti toleransi, keadilan, dan tanggung jawab?. Apakah ada perubahan sikap setelah pembelajaran berlangsung?
  3. Psikomotorik: Apakah siswa menginternalisasi nilai-nilai tersebut dalam tindakan dan keputusan sehari-hari mereka?. Misalnya, apakah mereka mulai menerapkan sikap saling menghargai di antara teman-teman?

Download Format KKTP PKn Kelas 3 Semester 1 dan 2 Kurikulum Merdeka

Untuk memudahkan Anda dalam menyusun penilaian dan evaluasi pembelajaran PKn di kelas 3, kami menyediakan format yang bisa langsung Anda unduh. 

Format ini disusun secara sistematis dengan memperhatikan interval penilaian yang sesuai, mulai dari kategori “Perlu Bimbingan” hingga “Sangat Baik”. Dengan menggunakan format ini, Anda tidak perlu lagi kebingungan menentukan standar penilaian yang tepat untuk setiap siswa.

Format ini sangat mudah digunakan, bahkan jika Anda baru pertama kali menerapkan Kurikulum Merdeka. Setiap bab dan tema dalam pelajaran PKn telah disertakan dalam format, sehingga Anda tinggal menyesuaikan dengan keadaan kelas dan hasil belajar siswa. 

Hal ini tentu akan menghemat waktu Anda dalam menyusun perangkat ajar dan fokus pada pengembangan pembelajaran yang lebih efektif.

Untuk mendownload format, silakan klik di sini:

KKTP PPKn Kelas 3 Semester 1

Dengan mengunduh format ini, Anda akan mendapatkan semua perangkat yang diperlukan untuk menyusun dan mengevaluasi tujuan pembelajaran dengan lebih terstruktur dan objektif. Format ini juga memudahkan Anda dalam membuat laporan perkembangan siswa kepada orang tua atau pihak sekolah.

Jangan lewatkan juga artikel kami berikutnya tentang KKTP PKn Kelas 3 Semester 2 Kurikulum Merdeka. Artikel tersebut akan mengupas lebih dalam mengenai struktur penilaian untuk semester 2, yang meliputi bab-bab penting lainnya yang harus diajarkan pada siswa fase B. 

Ayo, unduh format KKTP-nya sekarang, dan pastikan Anda siap untuk menerapkan Kurikulum Merdeka dengan lebih mudah dan efektif!

Akhir Kata

KKTP PKn kelas 3 semester 1 dan 2 Kurikulum Merdeka merupakan perangkat yang sangat bermanfaat bagi guru dalam mengukur ketercapaian siswa terhadap tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan. 

Menggunakan KKTP memungkinkan guru untuk mengidentifikasi area yang perlu ditingkatkan dan menyusun strategi pengajaran yang lebih efektif.

Pada akhirnya, perangkat ajar ini berfungsi tidak hanya untuk menilai hasil belajar siswa, tetapi juga untuk mendukung pengembangan karakter dan perilaku siswa sesuai dengan nilai-nilai Pancasila.

Dengan panduan ini, diharapkan para guru kelas 3 dapat memanfaatkan KKTP sebagai perangkat ajar yang tepat guna untuk meningkatkan kualitas pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di sekolah.

Sumber:

Handayani, F. (2025). KKTP Dalam Kurikulum Merdeka. Diakses 22 Juli 2025, dari https://id.scribd.com/document/706811931/Kel-12-KONSEP-KKTP-DALAM-IMPLEMENTASI-KURIKULUM-

Kompasiana.com. (2023, 28 April). Mengenal KKTP dalam Kurikulum Merdeka. Diakses 22 Juli 2025, dari https://www.kompasiana.com/asepsakbansolikhin7850/644b25c24addee392a726382/mengenal-kktp-dalam-kurikulum-merdeka

Add a Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tetap bersama kami dengan info terupdate!

Dengan menekan tombol Berlangganan, Anda mengonfirmasi bahwa Anda telah membaca dan menyetujui ketentuan kami.Privacy Policy and Terms of Use